RSS

Selasa, 07 Juni 2011

Jenis-Jenis Mahasiswa

  1. 1.     Mahasiswa Aktivis
            Secara garis besarnya bisa aja kita bagi-bagi cuman menjadi dua jenis. Aktivis yang bergerak di dalam bidang keagamaan, dan yang paling sering di sorot adalah aktivis organisasi islam. Yang kedua aktivis non agama kayak pecinta alam, pers, dan lain-lain.
   Untuk golongan ini ada beberapa jenis makhluknya yait...u :
   a. Aktivis murni
       Ini yang dikatakan GIE sebagai mahasiswa yang begitu menyelesaikan tugasnya di organisasi dan menyuarakan suara rakyat kembali kedunia kuliahnya. Aktivis yang sering kali menjadi ujung tombak sekaligus ujung tombok. Sampai menginap dipenjara mungkin.
   b. Aktivis cari pacar dan kenalan
       Tujuan untuk masuk ke suatu organisasi tidak lain adalah untuk mencari relasi buat bisnis melalui jaring-jaring organisasi. Khusus yang buaya nambah lagi, nyari kecengan dan nyuri2 waktu buat berduaan disela waktu pergerakan dan kegiatan organisasi.
    c.  Aktivis cari jabatan dan dana kampus
        Otaknya penuh dengan uang aja nih. Berharap dapat cipratan dari kampus, atau paling nggak mencari muka di depan dosenlah. Hobinya mark-up dana proposal. Merasa udah bekerja banyak, merasa pantas mendapatkan bagian banyak. Tapi paling ngak jelas kerja dan ngak konsisten dengan kerjanya.
    d. Aktivis dadakan dan part time
        Aktivis yang iseng nyari kegiatan ketika libur atau buat senang-senang dan pamer ketika ada ospek, penyambutan mahasiswa baru. Tetapi juga pada akhirnya, ada juga yang menjadi full time dalam organisasi.
     e. Aktivis Konsep
        Ide-idenya ketika rapat atau koordinasi seringkali aneh, unik bahkan mungkin radikal. Tapi jangan terlalu diandalkan untuk mengerjakannya di lapangan. Dia lebih suka untuk mengawasi. Mereka lebih tepat posisinya merancang dan ikut sedikit-sedikit membantu.
     f. Aktivis Lapangan
        Ini yang cocok untuk menjadi pekerja teknis.mungkin dia sibuk, bisa jadi dia tidak sering kelihatan batang hidungnya jika ada suatu kordinasi.

2. Mahasiswa (yang sekarang dianggap) normal
    Dari mahasiwa yang kelihatannya dianggap masyarakat sekarang normal, dapat kita bedakan lagi menjadi :
a. Mahasiswa Bekingan
    Dari masuk sampai lulus kuliah, selalu ada orang dibelakangnya. Dari joki sampai pembuat tesis! Orang kaya emang enggak perlu susah-susah buat ngambil title di negeri ini.
b. Mahasiswa IP
    Bagi mereka IP adalah segala-galanya. IP bisa digunakan sebagai alat bujukan agar orang tua ngasi penambahan dana bulanan, atau  membangun  anggapan kalau dia beneran  kuliah dengan baik. Kebanyakan pintar dalam  satu hal tapi dongok dalam banyak hal lain. Terutama dongok terhadap keadaan dunia dan akhirat.
c. Mahasiswa Ala Kadar
    Mahasiswa yang kuliah sekedarnya. Sekedar ngejalin aktivitas daripada nganggur. Kuliah bagi dia adalah lanjutan dari rutinitas sekolah yang selama ini dijalani. Biasanya kuliahnya hanya disuruh oleh orang tua.
d. Mahasiswa Dugem
    Ini dia mahasiswa kesayangan bagi pengusaha hiburan malam. Kebanyakan anak-anak orang kaya yang kebosanan kuliah, dan ajakan teman yang sudah bisa kita pastikan sebuah racun kehidupan.
e. Mahasiswa Petualang
    Ini mahasiswa yang hobi jalan-jalan menyusuri kota-kota baru disekitaran kota kuliahnya, terlebih lagi kalau dia perantauan. Dan lebih expert lagi suka menjelajah alam.
f. Mahasiswa Kajian  Kepribadian
    Nah ini mahasiswa yang kelakuannya alim banget. Karena yang diikuti memang kajian yang ngajarin gimana berkelakuan yang baik. Berakhlak yang benar. Tapi seringkali mereka ini jadi hidup di dunia yang suci-suci aja, sekalinya dihadapkan sama masalah dunia nyata sebenarnya di sisi lain dunianya selama ini, mereka gampang lewat.
g. Mahasiswa Pergerakan
    Kajian yang diikuti mahasiswa semcam ini adalah kajian pemikiran. Mereka juga biasanya gabung dengan organisasi pergerakan.
h. Mahasiswa kutu buku
     Kehadiranya bisa jadi membuat kita bosan menjupai wajahnya di pameran buku. Manusia yang dibentuk oleh buku.
i. Mahasiswa Makan dan Sertifikat Gratis
   Kebanyakan  wajah  mereka terlihat pada suatu kegiatan yang menawarkan  sertifikat dan makanan gratis. Biasanya mereka ini tidak terlalu mementingkan isi dari kegiatan tersebut.
j. Mahasiswa Wisata
   Menjelajah berbagai tempat wisata yang menarik dan harganya juga terjangkau. Dan yang baru ada istilahnya setelah banyak acara kuliner, mereka dijuluki sebagai mahasiswa wisata kuliner. Jika ingin mencari rekomendasi tempat makan yang enak dan murah, mereka orang yang tepat untuk ditanyai.
k. Mahasiswa Enterpreneur
    Percaya kalau bisnis itu harus dirintis dari kecil. Mempunyai pandangan bahwa kuliah adalah saat yang tepat untuk menjaring relasi yang luas, dan mendapatkan link yang bagus. Ada juga yang hanya sekedar nyalurin hobby, membunuh kebosanan kuliah.
l. Mahasiswa Teknologi
    Kadang juga menjadi mahasiswa maya. Langganan online sibuk chating, download sesuatu yang sebagian besar menyita waktunya.
m. Mahasiswa semua organisasi
     Tidak Cuma satu organisasi yang diikuti. Kesannya kurang kerjaan sampai ikut bebeberapa organisasi. Yang mesti pandai-pandai diakalinya, biasanya sulit dan mesti dikorbanin salah satu adalah ketika terjadi bentrok kegiatan organisasi.
n. Mahasiswa satu-satunya organisasi
    Bisa jadi ini sekedar untuk tahu aja, tapi ada juga yang beneran focus ke satu organisasi yang diikutinya ini, dan biasanya InsyaAllah menjadi orang inti, yang setiap kegiatan kamu bakalan bosan ngeliatin wajah dia-dia lagi dia lagi-lagi.
o. Mahasiswa Beasiswa
    Kadang suatu yang menyenangkan jika kita bisa melakukan sesuatu yang menarik dan dibiayai oleh suatu lembaga, terlebih untuk keadaan Negara seperti sekarang. Akantetapi, ironinya mereka terkekang oleh kemauan lembaga yang memberi beasiswa. Yang menyebalkan kadang mahasiswa jenis ini yang sebenarnya tidak malu untuk memiskinkan dirinya. Sungguh tidak adil Negara ini.
p. Mahasiswa pindah-pindah
    Setiap semesteran berlalu menjelang, sudah beda lagi tempat kostannya. Alasannya biar makin banyak teman dan kenalan. Yang lebih banyak makan energy dan menguras energy, waktu, pikiran dan emosi adalah mahasiswa pindah jurusan. Ini masih jadi penyakit di tahun-tahun pertama kuliah.

Baru segitu jenis-jenis mahasiswa yang bisa chio “jangan sadarin mahasiswa” dan tambahan dari saya yang bisa kami pantau dan golongkan. Dan bagaikan kepribadian, setiap mahasiswa bisa jadi tergolong dalam beberapa pembagian tersebut.

0 komentar :

Posting Komentar

Al Quran